Jumat, Mei 10, 2013

Rekomendasi OS Untuk Komputer Jadul

Komputer/ Laptop Spek rendah, ga support OS yang berat, atau RAM kecil, buka PROGRAM langsung NOT RESPONDING...??? yuk kita pecahin sama2 masalahnya....
Yadi000.Blogspot.Com - Selamat malam sobat Yadi000 Blog, gimana kabarnya..??? mudah2an dalam keadaan sehat ... amin.. kali ini saya akan share "Rekomendasi OS Untuk Komputer Jadul". Masih ada yang menggunakan Komputer JADUL..?? alias jaman dulu.. ??? komputer yang speknya lumayan rendah untuk sekarang, karena sekarang rata - rata sudah Speknya pada tinggi - tinggi semua.. hehe sebelumnya, udah tau kan APA ITU SISTEM OPERASI..?? biar paham lagi, akan saya jelaskan...

"Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting."

Untuk saat ini berbagai OS sudah di keluarkan, mulai dari : Windows, Linux, Mac OS, dsb. disini ada OS yang berbayar seperti Windows & Mac OS, untuk yang gratisnya itu LINUX. Untuk saat ini, jika komputer anda JADUL ( spek rendah ) maka anda masih bisa menikmati dengan menginstall Windows-XP. Tapi sayang seribu sayang. Windows-XP akan di tutup pada TAHUN 2014. Apa yang akan kita INSTALL selanjutnya jika W-XP menghilang...??? Disini kita ada ALTERNATIF lain. yaitu kita menggunakan LINUX. Loh..?? Kok LINUX..??? kenapa ga windows lagi..??? Menurut pengalaman saya menginstall Windows 7 & Windows 8. Itu RAM minimal 1 GB. Free space HDD minimal 20 GB, nah jika di komputer JADUL, itu udah gede banget. dan saya juga pernah menemukan, PC dengan RAM di bawah 512 MB, wah pastinya sangat kecil ya, apalagi kalo INSTALL ADOBE PHOTOSHOP CS 6, ga bakalan mampu.
Bagi anda semuanya yang SPEK Komputer RENDAH. saya sarangkan untuk menginstall LINUX, Karena di linux ada PARTISI SWAP. Apa itu PARTISI SWAP..??? APA FUNGSINYA...?? Oke akan saya jelaskan...

Swap merupakan ruang pada hardisk yang dijadikan ruang virtual memory, swap ini akan digunakan ketika komputer menjalankan aplikasi yang memakan banyak memory, semisal aplikasi game dan grafis.

Fungsi Swap pada sistem operasi Linux (baik ubuntu, Mint, BlankOn,dll) adalah untuk memberikan dukungan pada memory fisik (Random Acces Memori (RAM)) pada komputer kita. “Apabila memory utama pada komputer kita sudah hampir habis, maka resource tambahan akan diambilkan dari memroy virtual (Swap) tersebut. Bila Swap telah tersedia, maka proses pada sistem dapat berjalan dengan lebih cepat.

Sekarang udah ngerti kan..?? hehhee kalau di WINDOWS, TIDAK ADA PARTISI SWAP... #CATET. Partisi SWAP cuma ada di LINUX, Jadi kalau punya Komputer JADUL, install LINUX aja.. heheee biar masih bisa di pakek. Cukup sekian ARTIKEL saya kali ini. udah capek ngetik. wkwkwkwk

SEMOGA BERMANFAAT

Share this

14 Responses to "Rekomendasi OS Untuk Komputer Jadul"

  1. wah mantap bang , emang xp tahun 2014 bkl di tiadakan ya ?

    Visit back to :
    http://ahmedeltivicie.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Thank's infonya gan?
    Jadi kita pake LINUX yaa......

    come back,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap.. seperti itu lah.. hehehe
      segera berangkat ke blog agan

      Hapus
  3. Mantap Brow Penjelasannnya ,,,
    Kebetulan Komputer ane komputer jadul :D

    BalasHapus
  4. Wah blognya keren sob,,, jgan bosen main ke blog ane yah :)

    BalasHapus
  5. Info bagus gan
    Linux emang mantep dah 8-)

    Jangan lupa visit back & Follbacknya gan (o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan... koment pakai OPENID gan, biar bisa langsung Kunbal ke blog agan,,

      Hapus
  6. saya pake dual Boot linux dan Windows , kalo mau game pake windows, kalo mau program program linux aja :D 19

    BalasHapus
    Balasan
    1. males gan dual boot.. 03a wkwkwkw

      Hapus
  7. kren gan , makasih infonya
    vsit bak gan

    BalasHapus
  8. gan yadi
    kalo gt rekomendasi anda pake OS linux apa?
    LINUX itu kan banyak, mulai dari ubuntu, garuda OS, backtrack, sampe debian

    BalasHapus

Sebelum berkomentar harap di perhatikan aturanya :

1. No Sara
2. No Porno
3. No Live Link
4. No SPAM And Junk

Best Regards Admin_J_Y